Jumat, 04 Desember 2015

Perbandingan kurikuklum 2013 dan KTSP mata pelajaran IPA Kelas IV





Perbandingan kompetensi IPA berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 dan Kurikulum 2013

Kelas, semester
KTSP 2006
Kurikulum 2013
Kompetensi Dasar
Materi ajar
Kompetensi Dasar
Materi ajar
Kelas IV, semester 1
1.1        Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
1.2        Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh
1.3        Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
1.4        Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera



Struktur kerangka tubuh manusia



Alat indra manusia
Tema 1 : Indahnya kebersamaan
subtema 1 :
keberagaman budaya bangsaku
1.1 ; 2.1 ; 2.2 (terlampir)
3.5  Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
4.4  Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi
Subtema 2 :
Kebersamaan dalam keberagaman
1.1  ; 2.1 (terlampir) 3.5 ; 4.4
Subtema 3 :
Bersyukur atas keberagaman
1.1 ; 2.1 ; 2.2 (terlampir) 3.5 ; 4.4





Sifat- sifat bunyi





Sifat-sifat bunyi



Sifat-sifat bunyi



2.1 Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
2.2 Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
2.3 Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
2.4 Menjelaskan hubungan antara struktur bunga dengan fungsinya


Struktur akar pada tumbuhan

Struktur batang pada tumbuhan


Struktur daun pada tumbuhan

Struktur bunga pada tumbuhan
Tema 2 : selalu berhemat energi
Subtema 1 :
Macam- macam sumber energi
1.1 ; 2.1 ; 2.2 (terlampir)
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.6 Memahami sifat-sifat cahaya melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.

Subtema 2 : pemanfaatan energi
1.1 ; 2.1 ; 2.2 (terlampir)
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
Subtema 3: Gaya dan gerak
1.1 ; 2.1 ; 2.2 (terlampir)
3.3 Memahami hubungan antara gaya,gerak, dan energi melalui pengamatan, serta mendeskripsikan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.3 Menyajikan laporan hasil percobaan gaya dan gerak menggunakan tabel & grafik.





Energi


Sifat-sifat cahaya


Sumber daya alam


Manfaat teknologi





Pemanfaatan energi


Pemanfaatan SDA



Hubungan antara gaya,gerak, dan energi

Energi


Gaya dan gerak



3.1    Mengidentifikasi jenis makanan hewan
3.2    Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya

Makanan hewan

Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya
Tema 3 : Peduli terhadap makhluk hidup
Subtema 1 :
Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
1.1 ; 2.1
3.1     Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan dan fungsinya
4.1     Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
Subtema 2:
Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
1.1 ; 2.1
3.2     Mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup
4.2     Menyajikan secara tertulis hasil pengamatan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup
Subtema 3 :
Ayo cintai lingkungan
1.1 ; 2.1
3.7  Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6  Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat






Morfologi tubuh hewan dan tumbuhan





Daur hidup mahluk hidup






Sumber Daya Alam




4.1    Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing
4.2    Menunjukkan kepedulian  terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing, ayam, ikan


Tahapan daur hidup hewan


Pemeliharaan hewan
Tema 4 : Berbagai pekerjaan
Subtema 1 :
Jenis- jenis pekerjaan
1.1 ; 2.1
3.7  Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.7  Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut






Sumber Daya Alam


Teknologi



5.1   Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis)  dan  hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan)
5.2  Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya

Simbiosis dan rantai makanan


Hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
Subtema 2 : Barang dan jasa
1.1 ; 2.1 ; 2.2
3.7  Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6  Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.7  Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.




Sumber Daya Alam



Teknologi



6.1   Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu
6.2   Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud  cair àpadat à cair; cair à gas à cair;  padat à gas
6.3   Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya


Sifat-sifat benda


Perubahan wujud benda


Hubungan sifat bahan dan kegunaannya
Subtema 3 : Pekerjaan Orangtuaku
1.1 ; 2.1 ; 2.2
 3.7  Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6  Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.7  Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.




Sumber Daya Alam



Teknologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar