Perbandingan kompetensi IPA berdasarkan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan 2006 dan Kurikulum 2013
Kelas, semester
|
KTSP 2006
|
Kurikulum 2013
|
||
Kompetensi Dasar
|
Materi ajar
|
Kompetensi Dasar
|
Materi ajar
|
|
Kelas IV, semester 1
|
1.1
Mendeskripsikan hubungan
antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
1.2
Menerapkan cara
memelihara kesehatan kerangka tubuh
1.3
Mendeskripsikan hubungan antara
struktur panca indera dengan fungsinya
1.4
Menerapkan cara
memelihara kesehatan panca indera
|
Struktur kerangka tubuh manusia
Alat indra manusia
|
Tema 1 : Indahnya kebersamaan
subtema 1 :
keberagaman budaya bangsaku
1.1 ; 2.1 ; 2.2 (terlampir)
3.5 Memahami sifat-sifat
bunyi melalui pengamatan
dan keterkaitannya dengan
indera pendengaran
4.4 Menyajikan hasil
percobaan atau observasi
tentang bunyi
Subtema 2 :
Kebersamaan dalam keberagaman
1.1 ; 2.1 (terlampir) 3.5 ; 4.4
Subtema 3 :
Bersyukur atas keberagaman
1.1 ; 2.1 ; 2.2 (terlampir) 3.5 ; 4.4
|
Sifat- sifat bunyi
Sifat-sifat bunyi
Sifat-sifat bunyi
|
|
2.1 Menjelaskan hubungan antara struktur akar
tumbuhan dengan fungsinya
2.2 Menjelaskan hubungan antara struktur batang
tumbuhan dengan fungsinya
2.3 Menjelaskan hubungan
antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
2.4 Menjelaskan
hubungan antara struktur bunga dengan fungsinya
|
Struktur
akar pada tumbuhan
Struktur
batang pada tumbuhan
Struktur
daun pada tumbuhan
Struktur
bunga pada tumbuhan
|
Tema 2 : selalu berhemat energi
Subtema 1 :
Macam- macam sumber energi
1.1 ; 2.1 ; 2.2
(terlampir)
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui
pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.6 Memahami sifat-sifat cahaya melalui pengamatan
dan mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan
pemanfaatannya oleh masyarakat.
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang
teknologi yang digunakan di kehidupan sehari hari serta kemudahan yang diperoleh
oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.
Subtema 2 : pemanfaatan energi
1.1 ; 2.1 ; 2.2
(terlampir)
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui
pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan
pemanfaatannya oleh masyarakat.
Subtema 3: Gaya dan gerak
1.1 ; 2.1 ; 2.2
(terlampir)
3.3 Memahami hubungan antara gaya,gerak, dan energi
melalui pengamatan, serta mendeskripsikan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui
pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.3 Menyajikan laporan hasil percobaan gaya dan
gerak menggunakan tabel & grafik.
|
Energi
Sifat-sifat cahaya
Sumber daya alam
Manfaat teknologi
Pemanfaatan energi
Pemanfaatan SDA
Hubungan antara gaya,gerak, dan energi
Energi
Gaya dan gerak
|
|
3.1 Mengidentifikasi jenis makanan
hewan
3.2 Menggolongkan
hewan berdasarkan jenis makanannya
|
Makanan hewan
Penggolongan
hewan berdasarkan jenis makanannya
|
Tema 3 : Peduli
terhadap makhluk hidup
Subtema 1 :
Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
1.1 ; 2.1
3.1 Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan dan fungsinya
4.1 Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
Subtema 2:
Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
1.1 ; 2.1
3.2 Mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup
4.2 Menyajikan secara tertulis hasil
pengamatan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup
Subtema 3 :
Ayo cintai lingkungan
1.1 ; 2.1
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan,
teknologi, dan masyarakat
4.6 Menyajikan laporan tentang sumber daya
alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
|
Morfologi tubuh hewan dan tumbuhan
Daur hidup mahluk hidup
Sumber Daya Alam
|
|
4.1 Mendeskripsikan daur hidup
beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu,
kucing
4.2 Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing,
ayam, ikan
|
Tahapan
daur hidup hewan
Pemeliharaan
hewan
|
Tema 4 : Berbagai pekerjaan
Subtema 1 :
Jenis- jenis pekerjaan
1.1 ; 2.1
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya
alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.7 Menyajikan
laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi
tersebut
|
Sumber Daya Alam
Teknologi
|
|
5.1 Mengidentifikasi
beberapa jenis hubungan khas (simbiosis)
dan hubungan “makan dan
dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan)
5.2 Mendeskripsikan hubungan
antara makhluk hidup dengan lingkungannya
|
Simbiosis dan rantai makanan
Hubungan antara makhluk
hidup dengan lingkungannya
|
Subtema 2 : Barang dan jasa
1.1 ; 2.1 ; 2.2
3.7 Mendeskrisikan
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6 Menyajikan
laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang
teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh
oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.
|
Sumber Daya Alam
Teknologi
|
|
6.1
Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat
tertentu
6.2
Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair àpadat
à
cair; cair à
gas à
cair; padat à
gas
6.3 Menjelaskan hubungan antara sifat
bahan dengan kegunaannya
|
Sifat-sifat benda
Perubahan
wujud benda
Hubungan
sifat bahan dan kegunaannya
|
Subtema 3 :
Pekerjaan Orangtuaku
1.1 ; 2.1 ; 2.2
3.7 Mendeskrisikan
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6 Menyajikan
laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang
teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh
oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.
|
Sumber Daya Alam
Teknologi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar